Soto Bathok Mbah Katro

<

Membayangkan menu soto daging dengan segelas es teh di tengah udara yang panas pasti akan terasa nikmat dan segar. Apalagi kalau menikmatinya di sebuah saung pinggir sawah atau ladang yang banyak anginnya, wah dijamin pasti sangat cocok buat makan siang kali ini.

Nah, Buat kita-kita yang ada di Jogja ternyata ada lho warung soto yang punya tempat asik di pinggir sawah seperti itu. Namanya Saoto Bathok Mbah Karto, lokasinya tidak begitu jauh dari Bandara Adi Sutjipto, tepatnya di daerah Sambisari – Sleman. Tidak begitu susah mencarinya, karena warung soto atau saoto ini hanya sedikit bersebelahan dengan candi Sambisari. Jadi buat yang kebingungan bisa berpatokan dari Candi Sambisari, warung soto ini tepat ada di sebelah utara candi.

Dengan lokasi yang bersebalahan dengan Candi, sudah pasti sedikit banyak membuat warung soto ini menjadi ramai. Namun ternyata apa yang menjadi kekhasan dari Warung Saoto Bathok Kbah Karto ini bukan dari hanya dari lokasinya yang berekatan dengan candi, melainkan dari cara penyajian soto dan tempat makannya yang terbilang unik dan ndeso. Disini wadah Sotonya tidak disajikan dengan piring mangkok yang ada pada umumnya, tetapi menggunakan tempurung bathok kelapa yang sudah dibersihkan, membuat tampilan dari menu soto dagingnya jadi lebih menarik. Disamping itu ada satu hal lagi kenapa warung Soto Bathok mbah Karto ini bisa terbilang cukup recommended untuk kita nikmati khususnya saat santap siang, tak lain dan tak bukan karena lokasinya yang persis ada di pinggir sawah. Eits, jangan dulu membayangkan akan suasana terik dan panas matahari ya, karena di warung ini setidaknya menyediakan beberapa saung “ndeso” yang mampu menjamin suasana sejuk dan memanjakan kita untuk betah berlama-lama di tempat ini.

Soto Bathok Di Pinggir Sawah
Suasana Warung Soto Bathok Di Pinggir Sawah/Ladang

Menikmati soto di tempat ini memang tiada duanya, Soto dagingnya terasa nikmat dan pas sekali di nikmati dengan sebuah es teh sederhana. Tak perlu juga mengeluarkan uang yang berlebih karena harga sotonya pun sangat murah, lauk-pauk tambahan semacam sate usus, sate telur hingga tempe dan tahu bacem juga disediakan untuk menemani santap siang kita. Seorang teman yang ikut terbawa suasana warung soto ini pun berujar,

Asik ya bisa makan soto di pinggir sawah gini, sejuk tempatnya. Soto bathoknya juga lumayan kok, enak dan murah! Hehehe. Selesai makan bawaannya jadi mager, alias males-gerak, soalnya tempatnya asik banget!”

(foto & teks : @masdim_setiawan)

Soto Bathok Mbah Katro

Comments

comments

Author Description

Recent Posts

No Responses to “Soto Bathok Mbah Katro”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*