Sentra Kerajinan Gerabah Kasongan

<

Jogja selain terkenal akan objek wisata alamnya ternyata juga memiliki masyarakat yang kreatif. Lewat tangan-tangan terampil di Sentra Industri Gerabah Kasongan ini misalnya, kerajinan gerabah mampu dibuat menjadi beragam produk seni unik berkualitas tinggi.

Tangan-tangan terampil masyarakat Jogja yang biasanya membatik ternyata juga berlaku saat mengolah bahan-bahan yang bersumber dari gerabah/tanah liat. Bahan baku tanah liat yang melimpah di wilayah kota Jogja dan Bantul oleh masyarakatnya mampu diolah menjadi aneka produk kerajinan yang bernilai mahal. Gerabah diolah dengan sangat terampil hingga menjadi aneka macam perabot dan juga hiasan yang disukai oleh banyak wisatawan. Kebanyakan hasil produksi yang telah siap jual ini meliputi guci, hiasan dinding, hingga peralatan dapur.

Sentra Industri Kerajinan Kasongan Spotasik

Pusat penjualan kerajinan Gerabah di Jogja sudah pasti berpusat di desa Kasongan, Kabupaten Bantul. Masuk ke desa ini kita akan disambut dengan deretan toko kerajinan gerabah yang berjajar rapi di kanan dan kiri jalan. Toko-toko yang yang ada tampak sangat unik, mereka berusaha mendisplay barang dagangannya dengan semenarik dan se-otentik mungkin. Hal ini ditujukan untuk menarik minat para calon pembeli, sehingga nantinya mereka akan dengan mudah untuk memilih toko yang ingin mereka masuki hanya dengan melihat jenis dan produk olahan gerabah yang dipasang di etalase toko.

Untuk saat ini, keberadaan sentra industri kerajinan di desa Kasongan tidak serta merta hanya menjual produk olahan gerabah saja, ada beberapa toko yang sudah menjual beragam hiasan atau kerajinan tangan diluar gerabah, seperti tas, hiasan dinding, furnitur, hingga manik-manik. Salah satu toko kerajinan yang terlihat cukup besar dan lengkap di desa Kasongan adalah toko Timboel. Di toko ini menjual beragam jenis produk kerajinan yang cukup berkualitas, tidak hanya produk olahan gerabah seperti guci dan patung saja, tetapi juga beragam hasil produk kerajinan yang berseni tinggi lainnya. Harga yang ditawarkan cukup menjanjikan utamanya bagi wisatawan dan para penikmat barang-barang seni. Di toko ini juga seringkali terlihat beberapa orang guide yang membawa para turis/wisatawan untuk berbelanja dan berburu oleh-oleh kerajinan.

Sentra Industri Kerajinan Kasongan Spotasik

Ketenaran Sentra Industri Kerajinan Gerabah Kasongan dalam memproduksi barang kerajinan yang berseni tinggi memang sudah sangat diakui, tidak hanya sebatas di Indonesia saja tapi sudah ke mancanegara. Kebanyakan produk yang dijual di sentra industri kerajinan gerabah Kasongan saat ini sudah lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan ekspor. Diimbangi dengan kualitas produksi yang baik, tidak mengherankan di setiap etalase toko selalu terlihat tumpukan hasil produk kerajinan yang jumlahnya bisa mencapai puluhan hingga ratusan. Namun meskipun sebagian besar produk kerajinan gerabah di Kasongan ini dikerjakan untuk memenuhi kebutuhan ekspor, para pengusaha dalam negeri juga tidak luput untuk memesan produk kerajinan dari Kasongan, apalagi para pengusaha perhotelan yang jumlahnya terbilang cukup menjamur di Yogyakarta. Hampir di setiap toko yang ada di Kasongan sudah memiliki katalog produk untuk memudahkan pembelinya. Namun jika para pembeli menginginkan desain khusus, biasanya mereka bisa memesannya. Tangan-tangan terampil para perajin yang ada di Kasongan pasti akan membuatkannya.

Sentra Industri Kerajinan Kasongan Spotasik

Untuk mencapai desa Kasongan saat ini sudah tergolong mudah, bagi para wisatawan yang berpergian memakai kendaraan pribadi bisa memakai aplikasi googlemap lalu ketik-kan”desa wisata Kasongan”, sedangkan untuk para solo-traveler bisa menaiki bus umum dari terminal Giwangan dengan mengambil bus jurusan Jogja – Bantul dan berhenti di depan gapura “Sentra Industri Kerajinan Gerabah Kasongan”. Dari pusat kota Jogja (Malioboro) hingga ke desa Kasongan kira-kira dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30-40 menit.

@masdim_setiawan/spotasik

Comments

comments

Author Description

Recent Posts

No Responses to “Sentra Kerajinan Gerabah Kasongan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*