Sendang Ngembel

<

Tempat sempurna untuk bersembunyi dari kebisingan kota

Jenuh dengan ragam rutinitas yang menyibukkan? Ingin menenangkan pikiran sekaligus mencari ide-ide kreatif baru untuk memperkaya hidupmu? Atau justru ingin memperkaya pengalaman mistis kamu? Hehe, coba lihat deh foto diatas, dijamin tempat ini cocok untuk kamu yang menginginkan semua hal tadi. 😛

Nama sendang yang elok ini adalah Sendang Ngembel. Dari keterangan masyarakat sekitar sendang ini dinamakan “sendang ngembel” karena saat sendang ini pertama kali ditemukan kolam airnya sudah bercampur dengan lumpur, nah dalam bahasa jawa lumpur itu sering disebut dengan istilah “mbel”. Sedangkan sendang sendiri adalah perumpanan untuk menyebut sebuah lokasi mata air, maka jadilah tempat ini dinamakan Sendang Ngembel. Dulunya sendang ini tidaklah secantik seperti yang kamu lihat difoto ini, sendang ini agak tidak terawat dan baru akhir tahun 2014 kemarin sendang ini dipercantik dan dibuat lebih menarik untuk dapat dikunjungi wisatawan.

Sendang Ngembel
Tampak Depan Atas

Seperti yang kamu lihat di foto, tempat ini memang menawarkan sebuah ketenangan, sangat cantik, dan mampu membuat kita duduk berlama-lama hanya untuk memandanginya. Disekeliling sendang sudah dibangun beberapa gazebo, sendang ini juga dikelilingi banyak pohon yang sangat rimbun, sehingga dalam cuaca panas terik sekalipun hawa yang dihasilkan akan tetap terasa sejuk. Ditengah-tengah sendang dapat kamu jumpai sebuah pulau kecil yang seolah-olah memiliki meja dan dipagari oleh tiga buah pohon. Rasa-rasanya tempat ini bisa menjadi rekomendasi yang menarik untuk dijadikan lokasi kegiatan fotografi seperti memotret model atau bahkan pemotretan untuk prewed kamu.

Nah ada sedikit kisah unik dari sendang ini, nampak di salah satu sudut sendang dibuat sebuah ruangan kecil yang menyerupai kamar yang disakralkan. Konon ada yang menyebut dulunya ruangan tersebut adalah sebuah lokasi petilasan, tapi banyak juga yang menyebutkan kalau kamar tersebut adalah kediaman dari penunggu sendang ini yaitu kyai dan nyai beji, tak heran selalu dijumpai sesajian didalam ruangan tersebut, dan sepertinya sendang ini juga menyimpan magnet-magnet mistis yang kita tak ketahui. Walau begitu jangan takut untuk mengunjungi tempat ini, karena dijamin sangat cantik, dan tempat ini benar-benar bisa untuk merecharge pikiran kamu.

Bantul memang memiliki banyak spot menarik yang entah bagaimana mampu mengundang decak kagum dan sangat layak untuk kalian kunjungi, kultur masyarakat yang masih memegang baik budaya jawa juga menjadi nilai plus tersendiri untuk menikmati ragam spot wisata yang ada di Bantul seperti halnya Sendang Ngembel ini, lebih asik lagi kalau kamu menikmati ketenangan sendang ini setelah mampir ke Air Terjun Jurang Pulosari yang letaknya tidak begitu jauh. (masdim/spotasik)


Saran asik buat kamu : Jangan berlama-lama disendang ini dengan pikiran kosong ya kawan, karena sendang ini bisa membawa kamu untuk tenang, santai, hanyut, lalu tenggelam. Hihi 🙂

Comments

comments

Author Description

Recent Posts

No Responses to “Sendang Ngembel”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*