Pantai Siung Gunung Kidul

<

Sebagai salah satu kabupaten yang memiliki pesona alam unik, Gunung Kidul menawarkan beragam wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi, terutama wisata pantainya yang cukup tersohor, dan salah satunya yang cukup menarik mata adalah pantai Siung. Pantai Siung adalah sebuah pantai yang cukup cantik, luas dan tidak terlalu ramai karena berjarak cukup jauh dari Kota Jogjakarta. Dulunya sebelum pantai-pantai terluar Gunung Kidul semacam Wediombo atau Jungwok masih belum banyak diketahui orang, pantai Siung ini sering dianggap sebagai pantai terluar yang ada di Gunung Kidul.

Jangan dulu beranggapan kalau akses ke pantai ini cukup sulit, karena sekarang ini jalan akses menuju banyak tempat wisata terutama untuk pantai-pantai terluar di daerah Gunung Kidul sudah cukup baik. Jalanan mulus yang meliuk-liuk dan seolah membelah bukit-bukit karst yang eksotik akan menjamin perjalanan kamu menjadi tidak membosan, bahkan mampu menyuguhkan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan. tidak perlu takut nyasar karena ada cukup banyak papan penunjuk jalan dan arah yang membantu kamu untuk bisa sampai di pantai siung tanpa tersesat. Setidaknya butuh waktu sekitar 1-2 jam lamanya dari kota Wonosari untuk sampai ke pantai siung, disepanjang perjalanan juga banyak penjaja makanan unik khas Gunung Kidul yaitu walang goreng. Nah untuk kamu yang cukup berani dan tidak terlalu jijik buat makan jajanan ini, walang atau belalang goreng bisa jadi teman perjalanan yang cukup mengeyangkan.

Pantai SIung
Landscape View of Pantai Siung

Pantai Siung ini menawarkan pesona pantai yang cukup indah dengan suasana tepi pantai yang cenderung selow. Topografi pantai ini cukup unik, karena sepanjang mata memandang terlihat lekukan pasir putih pantai yang melengkung sepanjang 100 meter.

Diujung barat pantai dibatasi oleh batuan karang besar yang biasanya menjadi spot bermain dan foto selfie para wisatawan, dan diujung timurnya menjulang bukit karang berpasir yang mempunyai tebing menjorok kearah laut. Cukup asik apabila kamu memberanikan diri untuk naik diatas tebing ini, karena dari atas tebing ini kamu bisa menikmati pemandangan pantai Siung yang lebih menawan. Sayangnya di pantai siung ini kita tidak diperbolehkan untuk berenang, dan hanya diperbolehkan untuk sekedar bermain air disekitar pantai saja, ini dikarenakan banyaknya batuan karang dan ombak laut yang cukup besar di pantai ini. Tidak perlu kecewa karena pasir pantainya yang putih kekuningan rasa-rasanya sudah mampu untuk memberikan keasikan tersendiri untuk untuk kamu duduk berlama-lama di pantai ini.

Pantai Siung dari Atas Bukit
Pantai Siung dari Atas Bukit

Satu hal lain yang membuat pantai Siung ini menjadi tujuan wisata favorit adalah disediakannya area lokasi berkemah bagi kalian yang ingin menghabiskan malam di pantai ini. Area kemah atau camping ground yang ada di pantai ini terletak di sudut sebelah barat pantai, lokasinya juga cukup aman dari bibir pantai. Disediakan pula tenda-tenda camping yang cukup nyaman bagi kalian yang mau menyewanya. Jadi cukup asik apabila kalian datang ke pantai ini beramai-ramai di waktu sore hari, lalu menunggu momen matahari terbenam dan kemudian dilanjutkan dengan bermalam di pantai yang eksotis ini. (foto&teks @masdim_setiawan)

Comments

comments

Author Description

Recent Posts

No Responses to “Pantai Siung Gunung Kidul”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*