Pantai Parangtritis

<

Pantai Yang Menyimpan Sejuta Misteri.

Siapa si yang tidak tahu tentang Pantai Parangtritis, dapat dikatakan ini adalah ikon pantai yang ada di Yogyakarta. Dapat dikatakan sebagai ikon karena memang banyak keterkaitan antara Pantai Parangtritis dengan Yogyakarta, selain sebagai salah satu destinasi wisata yang selalu penuh dikunjungi ni pantai juga memiliki keterkaitan dengan Kraton Hadiningrat Yogyakarta.

Pantai Parangtritis, Kraton, Tugu dan Gunung Merapi jika dilihat secara posisi akan membentuk garis vertikal yang membelah Kota Yogyakarta menjadi dua bagian. Selain itu hubungan antara Kraton Yogyakarta, Gunung Merapi dan Pantai Parangtritis terkadang memunculkan beberapa hal yang kadang diluar perkiraan kita. Namun diluar semua misteri yang ada, Pantai Parangtritis memang salah satu destinasi wajib ketika berkunjung ke Yogyakarta.

Kondisi Pantai Parangtritis sendiri sudah sangatlah berbeda dengan beberapa tahun yang lalu. Saat ini sudah sangat berkurang sampah yang berserakan dan tertibnya para pedagang serta penginapan yang ada. Sekarang kita dapat dengan nyaman untuk menyusuri garis pantai yang memang cukup panjang. Karena panjangnya garis pantai yang ada, maka ada beberapa alternatif cara kita menyusuri garis Pantai Parangtritis. Kita bisa menyewa kuda, delman, atv dan bahkan terkadang ada yang menyewakan motor trail. Tapi jika kalian memang ingin menikmati sambil berjalan kaki juga bisa, itung-itung piknik sekalian olahraga yak. Di sebelah timur Pantai Parangtritis kalian akan melihat perbukitan yang menjulang tinggi, disana juga ada alternatif untuk menikmati senja juga. Nama lokasinya adalah Bukit Parangndog, sebuah bukit yang biasanya sebagai start paralayang. Cukup dengan 20 menit kalian sudah akan sampai di Bukit Parangndog jika start dari Pantai Parangtritis.

Kuda dan ATV
Kuda dan ATV

Disini juga ada komunitas surfing lho cah, memang belum lama berdiri dan aktif tetapi sudah memiliki anggota lumayan banyak dan sering juga mengadakan event surfing di Yogyakarta selain di Pantai Wediombo. Nama komunitasnya adalah Dolphine Parangtritis Surfing Community, Pantai Parangtritis yang terkenal akan ombaknya yang ganas ternyata bisa juga digunakan untuk surfing. Tetapi memang tidak semua bagian pantai bisa digunakan, sebaiknya kalian hubungi komunitas ini jika ingin mencoba surfing di Pantai Parangtritis untuk mengurangi resiko yang ada. Setiap sore biasanya ada saja anggota komunitas DPSC yang sedang latihan surfing disini. (Teks & Foto : Lukman88/SpotAsik)

Dolphine Parangtritis Surfing Community
Dolphine Parangtritis Surfing Community

 

Saran Asik Buat Kamu :

– Jelajahi setiap jengkal garis pantai parangtritis.

– Senjanya juga bagus lho disini.

– Jika kalian menelusuri sampai bagian timur, jika beruntung kalian akan menemukan air terjun musiman.

 

 

Comments

comments

Author Description

Recent Posts

No Responses to “Pantai Parangtritis”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*