Museum Gunung Merapi

<

Memahami Gunung Merapi Lewat Sejarah.

Kalau ke Jogja pasti gak lupa berkunjung ke kawasan wisata Kaliurang, biasanya sih pada menikmati pemandangan alam dan dinginnya suhu dikawasan tersebut. Di daerah Kaliurang sendiri ada dua museum yang bisa kamu kunjungi lho, yang pertama ada Museum Ulen Sentalu, terus satu lagi Museum Gunung Merapi. Nah yang mau kita bahas disini adalah Museum Gunung Merapinyanya kawan.

Kalian yang tertarik akan sejarah bisa mampir ke Museum ini untuk mengetahui seluk beluk Gunung Merapi secara lengkap. Mengunjungi museum sambil menikmati dinginnya hawa pegunungan itu enak lho.

Museum Gunung Merapi
Taman Tengah Museum Gunung Merapi

Kalau letaknya berada di Jln. Boyong, Dusun Banteng, Desa Harjobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta sekitar lima kilometer dari kawasan obyek wisata Kaliurang. Museum Gunung Merapi ini diresmikan pada tanggal 1 Oktober 2009, jadi sebenarnya sudah agak lama ni museum berdiri dan beroperasi. Menuju kesini bisa melalui Jl. Kaliurang ikutin aja jalan menuju ke Loket Retribusi Kaliurang. Tapi jangan sampai loket ya, karena belok kiri sebelum loket (ada penunjuk jalan) ikutin jalan itu sampai ketemu perempatan kemudian belok kanan. Terus aja jalan sampai ada gapura sebelah kanan dan kiri yang sudah usang, setelah gapura ada belokan kekanan dengan jalan aspal dan terlihat sedikit kurang terawat. Gak usah ragu masuk aja ke jalan itu tar juga ketemu museumnya, emang kondisi sekitar kurang begitu terawat untuk sebuah museum tapi tenang didalamnya bagus kok.

Museum Gunung Merapi
Diorama Gunung Merapi

Didalam selain ada diorama Gunung Merapi dengan skala yang besar dan detail yang bagus, banyak terdapat juga berbagai macam foto gunung berapi, batu-batu dari gunung berapi, peta gunung berapi Indonesia dan masih banyak lain lagi yang berkaitan dengan Gunung Berapi. Di lantai 2 ada teater yang memutarkan film tentang Gunung Merapi, yang menceritakan tetang Gunung Merapi secara epik. Oh ya di lantai 2 juga ada simulasi gempa bumi dan simulasi tsunami, dan banyak spot bagus buat foto kalau di lantai 2. Ada replika ruangan untuk Presiden atau orang penting yang ingin datang di pos pengamatan Gunung Merapi (bagus tempatnya meskipun cuma replika :D). (Lukman/SpotAsik)

Saran Asik buat kamu :

– Telusuri semua wilayah Museum jangan sampai ada yang terlewat

– Tonton film yang tentang Gunung Merapi (minimal 10 orang untuk 1 pemutaran)

– Didekat Museum Gunung Merapi ada jembatan gantung Kali Boyong bisa deh ditelusuri juga

Comments

comments

Author Description

Recent Posts

No Responses to “Museum Gunung Merapi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*