Komunitas Cosplay Jogjakarta

<

Menikmati sebuah acara kartun atau anime (anime : animasi dari Jepang yang digambar dengan tangan maupun menggunakan teknologi komputer-wikipedia) pastinya sudah menjadi tontonan wajib buat kalian, setidaknya saat kita memasuki rentang umur balita hingga remaja. Di tahun 90-an saja pasti banyak diantara kalian yang sangat mengenal tokoh-tokoh kartun dari negeri Jepang, sebut saja Doraemon, SonGoku, ataupun Satria Baja Hitam sang superhero yang jadi pujaan kita pada masanya. Pada rentang tahun itu kita disuguhi dengan banyaknya acara televisi yang menyiarkan serial kartun Jepang, bahkan jika kita coba mengingat kembali, saat hari minggu tiba sudah pasti menjadi hari kesukaan kita, karena akan ada jadwal penuh dari berbagai televisi yang menayangkan beragam serial kartun dari pagi hingga pukul 1 siang.

Memasuki masa-masa pasca millenial, dunia anime terus memproduksi serial-serial yang lebih bervariasi dengan tontonan kartun yang tidak melulu disuguhkan khusus ke anak-anak, tapi mulai menyasar ke kalangan usia remaja hingga orang dewasa. Lihat saja serial anime Naruto misalnya, penggemarnya tentu tidak hanya anak kecil yang berusia dibawah 10 tahun, tapi beberapa dari kita yang sudah dewasa pun menyukai dan mengikuti serial tersebut. Bagi kita para penggemar anime, menyukai anime seakan membuka imajinasi kita untuk ikut masuk kedalamnya, membayangkan kita tiba-tiba menjadi sebuah karakter superhero yang melawan para musuh dan penjahat tentunya sangat menyenangkan. Nah itulah kemudian yang mengilhami lahirnya sebuah fenomena cosplay atau costume-player khususnya bagi para penggemar anime yang sudah dewasa, yaitu sebuah hobi mengenakan pakaian beserta aksesori dan rias wajah seperti yang dikenakan tokoh-tokoh dalam anime, manga, dongeng, permainan video, penyanyi dan musisi idola, dan film kartun (sumber: wikipedia). Cosplay bisa menjadi cara bagi kita untuk berimajinasi lebih dalam akan tokoh favorit yang kita sukai.

Di Indonesia sendiri, penggemar cosplay sudah terbilang cukup banyak, tidak hanya di Jakarta, tapi juga sudah masuk ke berbagai kota-kota lainnya, salah satunya Jogjakarta. Di Kota Jogja ini penggemar cosplay yang ada ternyata sangat banyak jumlahnya, ini bisa terlihat saat diadakannya event-event lokal yang berbau dengan budaya Jepang, biasanya selalu disisipkan acara yang menyajikan kontes cosplay untuk para penggiat cosplayer. Sampai saat ini belum ada data secara rinci berapa banyak penggiat cosplay atau cosplayer yang ada di Jogjakarta, karena jumlahnya yang banyak, biasanya para cosplayer ini akan berkumpul untuk membuat sebuah komunitas yang bisa mengikat mereka secara lebih kompak dan terorganisir.


Anata J-Community

Cosplay Jogja Spotasik

Berdiri sejak Desember 2005, komunitas Anata J-Community adalah sebuah komunitas cosplay dari kota Yogjakarta yang diilhami oleh anak-anak SMA Negeri 5 Yogyakarta. Cerita berdirinya komunitas ini berawal dari adanya sebuah extrakulikuler bahasa Jepang yang dibentuk oleh pihak sekolah, dalam extrakulikuler tersebut para murid yang mengikutinya tidak hanya diajarkan bagaimana belajar bahasa jepang dengan baik tetapi juga diajarkan untuk melihat budaya jepang dengan lebih dekat. Burhan Kurnia Riyadi, selaku ketua dari komunitas Anata J-Community mengatakan, “di ekskul SMA dulunya juga ada beragam kelas pembelajaran, semisal untuk yang hobi menggambar nantinya akan diajarkan teknik-teknik menggambar anime yang benar. Demikian juga bagi yang menyukai dunia cosplay, mereka akan diajarkan teknik fotografi dan teknik mendesain sebuah kostum anime yang baik. Sampai saat ini pun kegiatan-kegiatan pembelajaran tersebut juga tetap kami lakukan di komunitas.”

Seiring berjalannya waktu, komunitas Anata J-Community berusaha untuk keluar dari stigma ekstrakulikuler sekolah, sampai pada akhirnya tepat di 20 Februari 2016 kemarin komunitas Anata J-Community sudah berdiri sendiri sebagai komunitas yang mandiri. Namun dari info yang kami dapatkan, komunitas ini masih mencari dan mengkhususkan para calon anggotanya hanya dari alumnus sekolah SMA N 5 saja. Tujuan mereka masih mengkhususkan diri adalah untuk menghindari perbedaan visi dan pandangan yang nantinya dapat mengakibatkan pecahnya komunitas Anata J-Community. “Jadi untuk saat ini kami masih fokus untuk mencari anggota yang memang alumnus dari sekolah kami saja,” sebut pria yang sering disapa Han ini.

Meskipun komunitas Anata J-Community hanya mengkhususkan para anggotanya dari kalangan alumnus SMA N 5 Yogyakarta, namun keberadaan mereka di dunia cosplay Jogja cukup punya eksistensi. Mereka sering terlihat dan diundang di beragam festival cosplay seperti mangafest, CLASH atau festival sejenis lainnya yang ada di sekitar Jogja. Untuk menjaga kekompakkan, mereka selalu mengadakan kopdar minimal 1 kali dalam sebulan. Dan khusus untuk menyambut sebuah event, mereka akan lebih sering berkumpul untuk membahas performa dan kostum apa yang ingin mereka tampilkan di event tersebut. Dalam berkomunitas, Anata J-Community juga memiliki sebuah norma atau batasan yang mereka hormati bersama, yaitu boleh bermain cosplay asal tetap sopan. Dalam artian mereka membolehkan setiap anggotanya untuk memiliki kostum anime dan menjadi cosplayer yang mereka inginkan, namun tetap masih dalam batas kesopanan tertentu alias tidak seronok. Untuk dapat mengenal lebih jauh komunitas ini, kalian bisa mengklik link facebooknya disini.


Sungguh menyenangkan rasanya apabila membayangkan kembali masa-masa kecil dulu, masing-masing dari kita tentu merekam dengan jelas kelucuan atau keseruan dari sebuah serial yang kita sukai, dan sudah pasti dari memori itu pula kalian akan memiliki 1-2 tokoh karakter favorit hingga membuat kalian ingin menjadi seorang cosplayer. Kami masih terus berusaha mengumpulkan dan mencari-tahu tentang komunitas-komunitas cosplay lainnya (khususnya yang ada di Jogjakarta) untuk kalian, jadi jangan sungkan apabila komunitas kalian ingin untuk diliput dan kami masukkan dalam artikel ini, silahkan menghubungi kami lewat media instagram dengan memfollow akun @spot_asik, atau gunakan hastag #spotasik untuk memudahkan kami dalam mencari dan berbagi momen seru kalian bersama kami.

Comments

comments

Author Description

Recent Posts

No Responses to “Komunitas Cosplay Jogjakarta”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*