Hutan Pinus Mangunan

<

Menikmati suasana hutan seperti di Twilight.

Yupp suasana seperti di Twilight dapat kalian rasakan juga di Yogyakarta, di Hutan Pinus Mangunan tepatnya. Suasana rindang, teduh dan sejuk dapat kalian rasakan di Hutan Pinus. Terdapat banyak pohon pinus yang menjulang tinggi dan sangat rapat. Bahkan dibeberapa bagian karena jarak pohon yang rapat membuat sinar matahari tidak dapat menembus sampai ke bawah.

Hutan Pinus
Senja di Hutan Pinus

Karena banyaknya orang yang datang kemari maka saat ini sudah ada beberapa tempat dari kawasan hutan pinus yang memang diperuntukkan untuk para wisatawan. Di tempat khusus wisatawan kini kondisinya sangat lah bersih karena tidak ada sampah dan tanaman lain selain pohon pinus dan telah ada beberapa gubug, tempat duduk yang kecil hanya untuk beberapa orang sampai tempat duduk yang didesain melingkar yang cocok berkumpul bersama sambil menikmati suasana di Hutan Pinus. Tapi disini kalian tidak bisa untuk camping, karena memang tidak diperuntukkan untuk camping dan dilarang keras untuk menyalakan atau membuat api di kawasan Hutan Pinus. Banyak dahan-dahan kering yang sangat mudah terbakar di Hutan Pinus dan kawanan Hutan Pinus ini masuk ke kawasan Hutan Lindung, jadi sangat beralasan kenapa dibuat peraturan seperti itu.

Disini juga sering dijadikan tempat sebagai lokasi prewed, karena suasanya yang indah apalagi jika pagi hari yang masih banyak kabut menambah suasana mistis di tengah hutan.

Dan Hutan Pinus juga mengeluarkan suara yang terkadang cukup menyeramkan, karena hembusan angin yang cukup kencang membuat dahan dari pohon pinus saling bergesekan dan menimbulkan suara yang sering terdengar dan cukup kencang. Mungkin awalnya akan membuat terkesima tetapi jika terlalu lama ya membuat agak seram juga.

Hutan Pinus
Gubug

Fasilitas di Hutan Pinus Mangunan cukup lengkap karena ada warung untuk membeli camilan, ada toilet yang bersih, dan ada mushola juga buat yang ingin melakukan ibadah. Tempat parkir juga sudah tertata rapi, owh ya parkir untuk motor dikenakan biaya Rp. 2000 dan untuk mobil Rp 10.000. Akses untuk menuju Hutan Pinus dari arah Kota Jogja cukup mudah, kalian dapat melewati jalan Wonosari ambil arah ke bukit patuk nanti kalau sudah sampai bukit patuk ada perempatan nahh itu ambil belokan yang kekanan (kalau kekiri ke arah Nglanggeran, lurus arah kota wonosari) terus ikutin aja deh jalan sampai ketemu Hutan Pinusnya. Bisa juga melewati jalan Imogiri, dari terminal Giwangan ambil arah ke arah Kebun Buah Mangunan ikutin aja jalan tersebut nanti akan ada banyak penunjuk jalan kok jadi tenang saja. (Teks : Lukman/Foto : Lukman)

Saran Asik buat kamu :

– Datang pagi hari jika ingin mengejar kabut

– Bawa payung kalau datang disaat musim hujan, karena tempat berteduh sangat sedikit

Comments

comments

Author Description

Recent Posts

One Response to “Hutan Pinus Mangunan”

  1. Oktober 7, 2015

    abizar Balas

    spotnya emang asik disini 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*