Cave Tubing Kalisuci

<

Green Canyon Mininya Jogjakarta

Kapan lagi bisa menyusuri arus sungai sambil masuk goa dan menikmati eksotika hijaunya alam yang masih terjaga, membawa petualangan yang seru dan mengasikkan, tidak salah kalau ini salah satu tujuan tempat wisata paling asik yang pernah saya temui di Jogja

Ya, itulah satu cerita dari salah seorang wisatawan yang ikut berwisata bersama tim spotasik ke Kalisuci. Tidak ada yang dilebih-lebihkan, karena saat pertama kali kami menginjakkan kaki disini sudah nampak pemandangan yang menyejukkan mata. Sekilas membawa pikiran ini ke sebuah tempat yang lebih terkenal di daerah Jawa Barat sana yaitu “Green Canyon”. Mungkin ini adalah versi mininya, karena memang masih terlalu dini untuk membandingkan Cave Tubing Kalisuci ini dengan wisata Green-Canyon yang sudah terlebih dahulu mendunia, tapi dijamin wisata adventure Kalisuci ini tidak akan kalah seru dengan yang ada di Green-Canyon. Jernihnya air sungai yang berwarna putih kehijauan seolah mampu berbaur cantik dengan warna-warna alam yang ada disekitar sungai, dikelilingi oleh rimbunnya daun-daun hijau membawa udara panas siang hari menjadi terasa lebih sejuk. Melihat arus sungainya yang juga tidak begitu deras tentunya membuat kita ingin sesegera mungkin untuk menikmati adventure wisata cave tubing kali ini.

Cave Tubing Kalisuci
Cave Tubing Kalisuci

Petualangan dimulai, setiap wisatawan yang sudah siap diatas ban dan pelampungnya masing-masing akan digiring masuk ketengah sungai, lalu secara beriringan duduk diatas ban besar sambil mengikuti arus sungai yang masih mengalir dengan tenang. Dalam 10 menit pertama kita akan disuguhi oleh indahnya pemandangan yang masih asri di kawasan wisata ini sembari duduk santai diatas ban besar yang membawa kita semakin lama semakin masuk ke arus sungai yang lebih deras, dari sini kita disuguhi pemandangan cantik bibir pantai yang berdinding batuan karst khas Gunung Kidul. Nah petualangan yang lebih asik selanjutnya baru dimulai setelah kita masuk ke aliran sungai yang lebih deras, dengan celah bebatuan sempit yang sedikit menjadi halang rintang mampu membawa suasana wisata berubah menjadi lebih menantang namun tetap masih dalam batasan aman. Setelahnya arus sungai kemudian akan membawa kita untuk menikmati sebuah perjalan cave tubing yang sangat panjang. Kita akan dibawa masuk ke dalam lorong goa yang lebih gelap, namun tentunya masih ditemani oleh pemandu di tiap-tiap grupnya, hanya ada satu pencahayaan didalam goa yaitu melalui headlamp yang ada di helm pengaman. Jangan takut dulu ya, karena justru didalam goa ini yang menjadi klimaks akan asiknya petualangan cave tubing di kalisuci. Kita bisa menikmati beragam stalagtit hidup yang masih meneteskan air, sesekali juga akan terlihat kawanan kelelawar yang bergelantungan diatas goa, dan jangan kaget juga ketika kamu melihat ada banyak ikan yang berenang dibawah ban yang kita duduki, karena Cave Tubing Kalisuci ini memang menyusuri sebuah sungai bawah tanah yang masih dingin dan alami, benar-benar sebuah pengalaman wisata yang sangat mengesankan.

Cave Tubing Kalisuci
Kawasan Wisata Kalisuci

Setidaknya dibutuhkan waktu 2 jam lamanya untuk kita benar-benar selesai menikmati wisata cave tubing di kalisuci ini. Petualangan yang paling lama dan juga paling seru adalah ketika kita berada di dalam goa, karena arus sungai dikawasan kalisucini ini melewati 5 goa yang terhubung secara langsung, yaitu Goa Suci, Goa Glatikan, Goa Omah, Goa Gelung, dan Goa Brubug. Ada batasan bagi kita yang ingin menikmati wisata cave tubing kalisuci utamanya saat musim hujan, karena debit air dan arus akan jauh meningkat, maka disarankan untuk berwisata ke kawasan kalisuci tidak disaat musim penghujan, dan saat mulai merencanakan wisata kita juga diharuskan untuk menghubungi pengelola wisata atau setidaknya penduduk sekitar beberapa hari sebelumnya untuk menjamin kenyamanan dan keamanan kita selama berwisata. Dan karena lokasi Kalisuci ini lumayan jauh dari kota Jogja (sekitar 3 Jam dari Jogja), buat kalian yang tidak ingin repot maka kalian bisa menghubungi beberapa biro/agent wisata yang menawarkan wisata cave tubing kalisuci ini. (@masdim_setiawan/spotasik)

Comments

comments

Author Description

Recent Posts

No Responses to “Cave Tubing Kalisuci”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*