Candi Plaosan

<

Menikmati Keindahan Dua Candi Kembar Dari Seberang Sawah

Sudah tahu bukan kalau Jogja itu sangat dikenal dengan wisata candinya, selain Candi Prambanan yang menjadi primadona wisata, di Jogja masih banyak pula gugusan candi-candi lain yang sangat menarik untuk dikunjungi. Nah, kalau kalian sedang berkunjung ke Candi Prambanan dan sekiranya masih ada waktu senggang maka tidak ada salahnya untuk mampir sejenak ke Candi Plaosan yang letaknya hanya sekitar 1 km dari Candi Prambanan.

Seperti yang dikutip dari wikipedia,

Candi Plaosan adalah sebutan untuk kompleks percandian yang terletak di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa-Tengah, Indonesia. Candi ini terletak kira-kira satu kilometer ke arah timur-laut dari Candi Sewu atau Candi Prambanan. Adanya kemuncak stupa, arca Buddha, serta candi-candi perwara (pendamping/kecil) yang berbentuk stupa menandakan bahwa candi-candi tersebut adalah candi Buddha. Kompleks ini dibangun pada abad ke-9 oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan pada zaman Kerajaan Medang, atau juga dikenal dengan nama Kerajaan Mataram Kuno.” (id.wikipedia.com)

Satu ciri khas utama yang terlihat dari Candi Plaosan adalah adanya dua bangunan candi utama yang letaknya berdampingan atau bersebelahan. Masyarakat sekitar banyak menyebut dua bangunan utama candi ini sebagai Candi Plaosan Lor (karena letaknya yang lebih ke utara) dan Candi Plaosan Kidul (yang letaknya lebih di selatan). Walau letak lokasi Candi Plaosan ini berdekatan dengan Kompleks Candi Prambanan namun dari beragam studi yang ada menyebutkan kalau Kompleks Candi Plaosan masuk ke dalam kategori candi Buddha, sedangkan Kompleks Candi Prambanan sendiri adalah candi yang masuk kedalam kategori candi Hindu.

Bangunan Kompleks Candi Plaosan ini masih sangat terawat, hal ini terlihat dari bangunannya yang masih kokoh dan bersih. Karena lokasi komplek candi ini diapit oleh area persawahan, maka berkunjung dan menikmati keindahan Candi Plaosan bisa membawa suasana yang berbeda, disini kamu akan menemukan suasana kompleks candi yang lebih damai, tenang, dan jauh dari suasana ramai seperti yang biasa kita temui kalau kita berwisata di komplek Candi Prambanan. Yang cukup mengherankan adalah pengunjung di Kompleks Candi Plaosan ini justru lebih banyak didominasi oleh wisatawan asing dibandingkan wisatawan lokal, padahal kalau dilihat-lihat kompleks bangunan candi ini tidak kalah menarik lho, dan bagus untuk kamu yang sekiranya menyukai kegiatan fotografi. (@masdim_setiawan/spotasik)

Comments

comments

Author Description

Recent Posts

No Responses to “Candi Plaosan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*