Candi Borobudur

<

Coba tebak destinasi wisata apa yang paling populer yang harus dikunjungi di pulau Jawa? Sudah pasti Candi Borobudur adalah jawabannya. Betul sekali, candi Budha terbesar yang pernah masuk menjadi bagian dari 7 keajaiban dunia ini memang semakin bersolek dari tahun ke tahun, kini kompleks area wisatanya pun sudah dipercantik dan terlihat semakin rapi, ini tidak mengherankan karena dengan jumlah kunjungan turis yang semakin meningkat tiap tahunnya maka kenyamanan untuk pengunjung pun sepertinya menjadi concern utama dalam pengembangan wisata kompleks candi Borobudur.

Menikmati Borobudur rasanya seperti menikmati sebuah karya agung yang dibuat sedemikian hebat oleh para nenek moyang kita terdahulu, sebuah mahakarya megah akan seni rupa Buddha yang pernah ada di negeri ini.

Bangunan Kompleks Candi Borobudur ini juga dianggap sebagai contoh dari puncak pencapaian keselarasan teknik arsitektur dan estetika seni rupa Buddha di Jawa. Estetika Bangunan Borobudur ini juga terlihat dari lokasi Candi yang sepertinya sengaja dibuat untuk dapat selaras dengan lingkungan alam sekitarnya. Keselarasan ini nampak terlihat dari puncak pelataran atas Candi, sempatkan untuk berkeliling sejenak maka akan tampak pemandangan istimewa dimana Perbukitan Menoreh, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu tampak berdiri tegak seolah-olah mengitari candi, sungguh sebuah penciptaan karya yang indah.

Candi Borobudur
Plataran Atas Candi Borobudur

Dari banyak sumber sejarah, dapat diketahui pada hakekatnya Candi Borobudur dibangun pada tahun 824 Masehi sebagai sebuah monumen keagamaan dalam kebudayaan Buddha. Candi ini dibangun pada Masa Kerajaan Mataram Kuno oleh Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra. Bangunan Candi Borobudur ini diibaratkan sebagai sebuah model dari alam semesta dan dibangun sebagai tempat suci untuk memuliakan sang “Buddha” sekaligus berfungsi sebagai tempat ziarah untuk menuntun umat manusia beralih dari alam nafsu duniawi menuju pencerahan dan kebijaksanaan sesuai ajaran Buddha. Semua penggambaran ini nampak dari relief yang ada disepanjang dinding candi yang banyak mengisahkan tentang perjalanan hidup Sang Buddha berikut ajaran-ajarannya. Relief yang ada di Candi Borobudur ini juga tak ubahnya seperti kitab yang merekam beragam aspek kehidupan masyarakat Jawa kuno, ada penggambaran akan bangunan rumah, perilaku masyarakat jawa kuno, hingga alat transportasi semacam perahu khas ala nusantara.

Candi Borobudur
Relief Path Candi Borobudur

Kini Borobudur telah menjadi salah satu permata wisata, tidak hanya di Jogja tapi juga di Indonesia, banyak turis mancanegara yang menempatkan Borobudur di dalam list wisata wajib yang harus mereka kunjungi saat berwisata ke Indonesia. Puncak keramaian Borobudur biasanya terjadi pada saat hari perayaan Waisak, dimana terdapat beragam festival yang mewarnai hari keagamaan umat Budha tersebut, dan dapat dinikmati oleh wisatawan umum. Jangan lupa juga untuk menikmati suasana sunset atau sunrise di Borobudur, karena menampilkan suguhan pemandangan alam yang sangatlah cantik untuk dinikmati mata dan kamera. (foto & teks : @masdim_setiawan)


info asik :

  1. Jangan lupa juga untuk menikmati keindahan dari Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko, karena dua candi ini pun tidak kalah bagusnya dari Borobudur.
  2. Untuk turis asing yang masih berstatus pelajar dapat membawa dan memperlihatkan KITAS agar mendapatkan harga tiket masuk yang lebih murah.

Comments

comments

Author Description

Recent Posts

3 Responses to “Candi Borobudur”

  1. terima kasih sudah berbagi, Saya sangat mengapresiasi apa yang di tulis dalam artikel ini. saya merasakan yang begitu besar setela membaca beberapa artikel di site ini. Terima Kasih

  2. owners and bloggers made good content material as you probably did, the internet will be a lot more useful than ever before.

  3. September 2, 2016

    toko sepatu safety medan Balas

    Bagus artikelnya.. padat dan berisi, semoga selau sehat, rejekinya tambah banyak dan sehat selalu.. salam sukses buat teman-teman semua..amiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*